Ridwan Kamil ingin Ulama Jawa Barat aktif di Forum Internasional

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ingin para sarjana berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Tujuannya disebut Kang Emil – begitulah ia biasa dipanggil – agar para ulama Indonesia diundang ke forum internasional.

“Sejauh ini, jika saya pergi ke luar negeri, ulama Indonesia jarang diundang di forum Timur Tengah, meskipun kami memiliki populasi Muslim yang besar,” kata Emil di kantor British Council, Jalan Senopati, Jakarta Selatan.

Untuk alasan ini, Emil bekerja sama dengan British Council meluncurkan program Bahasa Inggris untuk Jawa Barat. Program yang disebut Emil adalah program pendidikan bahasa Inggris untuk para sarjana dan guru.

Ridwan Kamil ingin Ulama Jawa Barat aktif di Forum Internasional
Ridwan Kamil ingin Ulama Jawa Barat aktif di Forum Internasional

Kedatangan Emil di kantor juga dalam rangka menandatangani Nota Kesepahaman tentang program tersebut. Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN hadir, Moazzam Malik dan Ketua MUI Jawa Barat Rachmat Syafei.

Program ini disebut dimulai pada Maret 2019. Peserta yang merupakan perwakilan dari guru dan cendekiawan dari kota dan kabupaten akan diberikan pelatihan bahasa Inggris yang juga akan diajarkan kepada siswa mereka.

“Saya mengirim lulusan terbaik ke Eropa, Inggris atau Amerika untuk menyebarkan Islam yang ramah, sehingga tidak ada lagi suuzan bagi kita,” kata Emil.

“Bahasa Inggris adalah bahasa global dan keterampilan abad ke-21 yang penting bagi Indonesia global. Kami bekerja dengan guru dan cendekiawan untuk membantu generasi masa depan berhasil di dunia yang lebih luas. Meningkatkan keterampilan bahasa Inggris adalah katalis untuk meningkatkan standar hidup, dan mendorong pengembangan ekonomi dan masyarakat Jawa Barat