Jus Sehat Lebih Bermanfaat Jika Anda Memperhatikan Aturan Berikut

Mengolah buah-buahan dan sayuran menjadi jus diyakini memudahkan tubuh menyerap nutrisi dan memperlancar kinerja sistem pencernaan. Hanya saja banyak yang berpendapat bahwa mengonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk alami masih lebih baik daripada jus. Pendapat ini didasarkan pada anggapan bahwa serat dari buah-buahan dan sayuran yang dijadikan jus cenderung berkurang.

Jus Sehat Lebih Bermanfaat Jika Anda Memperhatikan Aturan Berikut

Jus Sehat Lebih Bermanfaat Jika Anda Memperhatikan Aturan Berikut
Jus Sehat Lebih Bermanfaat Jika Anda Memperhatikan Aturan Berikut

Manfaat Jus Sehat untuk Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jus sehat:

Menghaluskan sistem pencernaan

Mengonsumsi jus sehat juga dipercaya dapat mempercepat sistem pencernaan, ini karena nutrisi yang terkandung dalam jus mudah diserap oleh tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi jus secara teratur dapat menyehatkan kuman baik di usus. Meski begitu, Anda juga disarankan mengonsumsi buah dan sayuran utuh untuk mendapatkan lebih banyak serat.

Menurunkan berat badan

Jus sehat yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran sering digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Hanya saja Anda harus ingat bahwa jus bukan satu-satunya asupan makanan. Karena, jika Anda hanya mengandalkan jus, itu dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalori dan protein hewani yang membuat Anda kehilangan massa otot.

Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Siapa yang tidak tahu apakah jus buah dan sayuran adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Sehingga konsumsi jus secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan virus penyebab penyakit.

Meredakan peradangan

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga berguna untuk meredakan peradangan pada penderita radang sendi. Ini karena jus buah dan sayuran mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu tubuh meredakan peradangan. Menurut penelitian di Korea Selatan, manfaat ini juga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Cara mengonsumsi jus sehat untuk hasil yang optimal

Makan buah dan sayuran dalam bentuk jus dianggap memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama jika seseorang tidak suka atau tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung. Namun, pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut ketika Anda ingin mengonsumsi jus:

Perhatikan jumlah konten kalori

Menurut Anda, jus itu bisa mengandung kalori berlebih di dalamnya. Jumlah kalori dalam jus tentu saja tergantung pada campuran buah yang digunakan sebagai jus. Jika terdiri dari beragam buah, maka kalori dalam jus dapat ditingkatkan hingga diperkirakan.

Untuk mengontrol jumlah kalori dalam jus sehat Anda, gunakan sayuran sebagai bahan utama. Jika Anda membutuhkan rasa, Anda hanya bisa menambahkan satu jenis buah. Untuk mendapatkan asupan protein, beberapa bahan yang bisa dijadikan pilihan tambahan adalah biji rami, yogurt, atau susu almond.

Segera selesaikan jus sehat yang telah dibuat

Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat jus sehat yang Anda buat adalah segera setelah jus dibuat. Karena itu, cobalah membuat jus yang cukup sehat. Jangan menyimpan jus untuk diminum nanti karena dapat membuatnya menjadi sarang bakteri.

Tidak ada Hampas yang terbuang

Mengurangi serat setelah buah dan sayuran dijadikan jus sebenarnya cukup masuk akal. Lalu, di mana hilangnya beberapa serat buah dan sayuran dalam jus yang sehat? Ternyata sebagian besar serat dari buah-buahan dan sayuran tertinggal di dalam ampas jus. Karena itu, jus dari jus tidak boleh dibuang dulu karena di situlah salah satu tujuan utama dicari dari buah-buahan dan sayuran, yaitu serat.

Mengkonsumsi jus sehat untuk menjaga kesehatan dianggap baik asalkan mengikuti gaya hidup sehat lainnya. Gaya hidup sehat yang dimaksud di sini adalah tetap mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat.