Kesehatan

5 Cara Mudah Menjaga Indera Penciuman Bayi Agar Tetap Sehat

September 7, 2019

Setiap indera dalam tubuh bayi memiliki peran penting, termasuk indera penciuman. Indera penciuman bayi mulai berkembang pesat sejak dia lahir. Dengan pertumbuhan, kemampuan sensorik digunakan sebagai salah satu alat untuk mengidentifikasi orang-orang dan benda-benda di sekitar mereka. Berikut ulasannya:

1. Selalu menjaga kebersihan tangan ibu

Gerakan anak masih sangat bergantung pada ibu. Mulai dari ditahan, makan, mandi, hingga popok diganti semua dilakukan oleh tangan ibu. Untuk kesehatan indera penciuman, kami mendorong ibu dan keluarga yang ingin mengadakan bayi selalu menjaga tangannya.

Selalu mencuci tangan sebelum memegang atau berinteraksi ibu dengan bayi. Semua bentuk kuman dan bakteri dapat menempel di tangan ibu. Maka bisa dengan mudah pindah ke tubuh bayi, termasuk hidungnya. Tentu saja, kuman dan bakteri bisa menjadi sumber penyakit yang membahayakan kesehatan hidung bayi atau indera penciuman.

5 Cara Mudah Menjaga Indera Penciuman Bayi Agar Tetap Sehat
5 Cara Mudah Menjaga Indera Penciuman Bayi Agar Tetap Sehat

2. Pastikan hidung bersih dan bebas dari kotoran

Tentu saja, hidung adalah anggota tubuh utama untuk memaksimalkan rasa bayi penciuman. kotor hidung tentu bisa menghambat kemampuan anak untuk mengendus dan merasakan bau di sekitarnya.

Jika bayi mulai menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman dengan memegang hidungnya, mencoba untuk melihat apakah ada kotoran atau lendir yang menyumbat saluran udara kecil. Bersihkan area di luar dari hidung menggunakan tisu basah atau kain lembut yang telah dibasahi sedikit air. Hal ini untuk mencegah iritasi.

3. Secara rutin membersihkan rumah, kamar , dan mainan bayi

Kebersihan tentu saja rumah sejauh ini sangat penting ketika ada bayi. Jika ibu jarang membersihkan karpet atau sofa, mulai lebih rajin menghilangkan kotoran di sana. Hal ini demi kenyamanan udara yang dihirup oleh bayi.

Tidak hanya ruangan, mainan juga bisa menjadi sarang debu. Periksa anak Anda mainan setiap beberapa kali seminggu dan membersihkan mainan dengan menyeka menggunakan lap basah. Cuci mainan yang dengan air hangat setidaknya sekali seminggu.

4. Jika bayi memiliki alergi, atasi agar kambuh

Jika ayah atau ibu Anda memiliki alergi, jangan heran itu akan menurun kepada anak. Beberapa jenis alergi dapat membahayakan rasa bayi penciuman, seperti alergi yang membuat hidung anak merah dan bersin.

Jauhkan bayi dari sumber alergi atau alergen yang dapat membuat indera penciuman diblokir atau tidak bekerja dengan sempurna. Beberapa contoh adalah alat barang berdebu, AC, serangga, atau membersihkan rumah. Untuk menemukan kondisi kesehatan bayi lengkap, Anda harus berkonsultasi bayi ke dokter secara teratur.

5. Hindari menggunakan produk rumah tangga dengan bau menyengat

rasa bayi penciuman masih rentan dan sensitif terhadap aroma di sekitarnya. Jadi, cobalah untuk tidak menggunakan bahan aroma yang sangat tajam di sekitarnya. Juga hindari menggunakan produk perawatan yang mengandung wewangian, seperti deterjen, pengharum, sampai parfum bayi.

Ibu dapat memilih produk yang memiliki bau alami dan tidak terlalu tajam. Jika Anda tidak dapat memiliki bau. Hal ini dimaksudkan agar bayi dapat beradaptasi dengan aroma di lingkungan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply