Kesehatan

Inilah 5 Bumbu Dapur yang Bisa Menjadi Obat untuk Anak Sakit

August 30, 2019

Bumbu dapur tidak hanya digunakan untuk menambah rasa di setiap hidangan. Namun, tumbuhan juga memiliki banyak manfaat kesehatan buah hati tercinta. Bumbu dapur juga ternyata bisa digunakan sebagai obat herbal saat anak sakit. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Bawang Merah untuk mengatasi perut kembung

Bawang merah merupakan salah satu herbal yang harus hadir untuk menyelesaikan memasak ibu. Bawang merah juga memiliki sifat yang luar biasa untuk kesehatan. Sebelumnya, orang tua mempercayakan bawang untuk mengobati penyakit anak. Bawang merah dapat digunakan untuk pengobatan anak ketika mengalami gejala demam. Flavonoid yang ditemukan dalam bawang juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri dan mampu mengurangi panas.

Inilah 5 Bumbu Dapur yang Bisa Menjadi Obat untuk Anak Sakit
Inilah 5 Bumbu Dapur yang Bisa Menjadi Obat untuk Anak Sakit

2. Bawang putih untuk cacingan sedikit

si kecil cacingan? Hanya memberikan porsi herbal bawang putih dalam jumlah yang lebih besar saat memasak ya. Jika semua penagkal bawang putih ini dikenal sebagai flu, ternyata fungsi lain dari bawang putih dapat menjadi cacing perut nyamuk anak hidup.

fungsi bawang putih sebagai bahan pembunuh parasit. Nah, cacing dalam tubuh juga itukan termasuk parasit yang berbahaya dan harus diberantas dengan cara yang aman agar tidak mengganggu sistem pencernaan anak. Bawang putih juga tinggi vitamin B, potasium, hingga besi. Bawang putih dipercaya dapat menyembuhkan gangguan pernafasan, mencegah infeksi dan mempercepat proses pemulihan.

3. Kencur obat batuk

aroma yang kaya bila dikonsumsi menjadi salah satu ciri utama kencur. Tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari nyeri, anti-inflamasi, anti-mual untuk mempercepat saluran pencernaan. Powder sering dibuat sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan memberikan anak Anda rasa hangat bagi tubuh.

4. Jahe berkhasiat memberikan rasa hangat bagi tubuh

Jahe akan telah dikenal memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya untuk orang dewasa, jahe juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan Alyssa Jung, pakar kesehatan dari Asosiasi Digest Reader ini, jahe juga menyimpan senyawa antioksidan. Zat-zat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Rimpang sering mengkonsumsi satu ini dapat membantu meredakan sariawan, pencernaan untuk mendorong angin.

5. Temulawak membantu meningkatkan nafsu makan anak

Dari penelitian yang dilakukan, para ahli mengungkapkan bahwa jahe memiliki efek farmakologis dari salah satunya adalah menjadi obat pencahar atau obat pencahar. Inilah sebabnya mengapa orang tua sejak zaman kuno menggunakan tanaman herbal ini sebagai cara untuk mengatasi sulit BAB anak-anak secara alami.

Selain itu kandungan kurkumin dalam kunyit penting untuk memiliki cukup prestasi yaitu, sebagai anti-inflamasi serta anti hepototoksik yang bisa diartikan sebagai penangkal keracunan dalam empedu. Jahe dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi rasa kembung dan mempelancar buang air kecil pada anak-anak.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply